PENGERTIAN
** Permintaan yaitu : Jumlah/ banyaknya barang yang diminta konsumen untuk memenuhi kebutuhannya dengan harga dan periode tertentu.
** Penawaran adalah keadaan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran.
Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
a. Harga barang itu sendiri
b. Harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut
c. Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
d. Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
e. Cita rasa masyarakat/selera konsumen
f. Jumlah penduduk
g. Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut
3. Biaya produksi
4. Tujuan perusahaan
5. Tingkat teknologi yang digunakan
Penentuan Harga Keseimbangan
Mekanisme Pasar (Teori Permintaan)
* Permintaan Pasar dan Kurva Permintaan (market demand curve), menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dari berbagai tingkat harganya.
* Hukum Permintaan (law of demand), menyatakan bahwa jika harga naik maka jumlah permintaan turun, ceteris paribus. Atau sebaliknya.
* Ceteris paribus, adalah asumsi bahwa faktor-faktor lain/selain harga dianggap konstan.
* Permintaan pasar adalah akumulasi dari seluruh permintaan-permintaan individual
* Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang (x), Harga barang (x), Harga barang lain (y), Selera (T), Pendapatan (I), Ekpektasi (E) dan faktor non ekonomi
Pada saat harga bawang Rp. 25.000/Kg permintaan akan bawang tersebut sebanyak 200Kg, tetapi pada saat harga telur meningkat menjadi Rp. 50.000/Kg permintaan akan telur menurun menjadi 100Kg, buatlah fungsi permintaannya ?
Pembahasan :
Dari soal diatas diperoleh data :
P1 = Rp. 25.000 Q1 = 200 Kg
P2 = Rp. 50.000 Q2 = 100 Kg
Untuk menentukan fungsi permintaannya maka digunakan rumus:
y – y1 x – x1
—— = ——–
y2 – y1 x2 – x1
dengan mengganti x = Q dan y = P maka didapat,
P - P1 Q – Q1
——- = ——–
P2 – P1 Q2 – Q1
P - 25.000 Q – 200
———————– = —————
50.000 - 25.000 100 – 200
P – 25.000 Q – 200
———————– = —————
25.000 -100
P - 25.000 (-100) = 25.000 (Q – 200)
-100P + 2.500.000 = 25.000Q – 5.000.000
5.000.000 + 2.500.000 – 100P = 25.000Q
Pada saat harga sebotol sirup Rp. 15.000/botol di toko Tika hanya mampu menjual sirup sebanyak 1000 botol. Pada saat harga sirup Rp. 20.000/botol toko Tika hanya menjual sirup lebih banyak menjadi 2000 botol. dari kasus tersebut buatlah fungsi penawarannya!
Jawab :
Dari soal diatas diperoleh data sebagai berikut :
P1 = 15.000 Q1 = 1000 buah
P2 = 20.000 Q2 = 2000 buah
Kita masukan data-data diatas kedalam rumus:
P – P1 Q – Q1
——– = ———
P2 – P1 Q2 – Q1
P – 15.000 Q – 1000
————– = ————-
20.000 – 15.000 2000 – 1000
P – 15.000 Q – 1000
————– = ————-
5000 1000
(P – 15.000)(1000) = (Q – 1000) (5.000)
1000P – 15.000.000 = 5.000Q – 5.000.000
-15.000.000 + 5.000.000 + 1000P = 5.000Q
-10.000.000 + 1000P = 5.000Q
Q = 1/5.000 (-10.000.000 + 1000P )
Q = -2000 + 0,2P
** Permintaan yaitu : Jumlah/ banyaknya barang yang diminta konsumen untuk memenuhi kebutuhannya dengan harga dan periode tertentu.
** Penawaran adalah keadaan dari hubungan antara harga dan jumlah penawaran.
Teori Penawaran yaitu analisis dalam ilmu ekonomi yang menerangkan faktor-faktor yang menentukan penawaran dan bagaimana faktor-faktor ini akan menentukan keseimbangan dan perubahan keseimbangan di pasar.
Hukum Permintaan dan Penawaran yaitu :
Jika harga semakin tinggi harga maka akan semakin rendah permintaan barang, namun sebaliknya semakin rendah harga maka akan semakin meningkat permintaan barang.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan :
a. Harga barang itu sendiri
b. Harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut
c. Pendapatan rumah tangga dan pendapatan rata-rata masyarakat
d. Corak distribusi pendapatan dalam masyarakat
e. Cita rasa masyarakat/selera konsumen
f. Jumlah penduduk
g. Ramalan mengenai keadaan di masa yang akan datang
Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran :
1. Harga barang itu sendiri
2. Harga barang lain yang mempunyai kaitan erat dengan barang tersebut
3. Biaya produksi
4. Tujuan perusahaan
5. Tingkat teknologi yang digunakan
Penentuan Harga Keseimbangan
Mekanisme Pasar (Teori Permintaan)
* Permintaan Pasar dan Kurva Permintaan (market demand curve), menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dari berbagai tingkat harganya.
* Hukum Permintaan (law of demand), menyatakan bahwa jika harga naik maka jumlah permintaan turun, ceteris paribus. Atau sebaliknya.
* Ceteris paribus, adalah asumsi bahwa faktor-faktor lain/selain harga dianggap konstan.
* Permintaan pasar adalah akumulasi dari seluruh permintaan-permintaan individual
* Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan suatu barang (x), Harga barang (x), Harga barang lain (y), Selera (T), Pendapatan (I), Ekpektasi (E) dan faktor non ekonomi
Persamaan Permintaan Q = a - bp
Kurva Permintaan
Contoh Soal:
Pada saat harga bawang Rp. 25.000/Kg permintaan akan bawang tersebut sebanyak 200Kg, tetapi pada saat harga telur meningkat menjadi Rp. 50.000/Kg permintaan akan telur menurun menjadi 100Kg, buatlah fungsi permintaannya ?
Pembahasan :
Dari soal diatas diperoleh data :
P1 = Rp. 25.000 Q1 = 200 Kg
P2 = Rp. 50.000 Q2 = 100 Kg
Untuk menentukan fungsi permintaannya maka digunakan rumus:
y – y1 x – x1
—— = ——–
y2 – y1 x2 – x1
dengan mengganti x = Q dan y = P maka didapat,
P - P1 Q – Q1
——- = ——–
P2 – P1 Q2 – Q1
P - 25.000 Q – 200
———————– = —————
50.000 - 25.000 100 – 200
P – 25.000 Q – 200
———————– = —————
25.000 -100
P - 25.000 (-100) = 25.000 (Q – 200)
-100P + 2.500.000 = 25.000Q – 5.000.000
5.000.000 + 2.500.000 – 100P = 25.000Q
Q = 1/25.000 (7.500.000 – 100P)
Q = 300 – 0,004P
Q = 300 – 0,004P
B. PENAWARAN
Pengertian, Hukum, Kurva dan Teori Penawaran
Penawaran (Supply)
Yang dimaksud dengan penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual. Penawaran merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh penjual atau produsen.
Hukum Penawaran
Semakin rendah harga barang, jumlah barang yang ditawarkan semakin sedikit. Inilah yang disebut hukum penawaran. Hukum penawaran menunjukkan keterkaitan antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.
Dengan demikian bunyi hukum penawaran berbunyi: “Bila harga naik, jumlah barang yang ditawarkan juga akan naik. Sedangkan bila harga turun, jumlah barang yang di tawarkan juga akan turun”. Hukum penawaran akan berlaku apabila faktor-faktor lain yang memengaruhi penawaran tidak berubah (ceteris paribus).
Persamaan Penawaran Qs = a + bp
Kurva Penawaran
Contoh Soal:
Pada saat harga sebotol sirup Rp. 15.000/botol di toko Tika hanya mampu menjual sirup sebanyak 1000 botol. Pada saat harga sirup Rp. 20.000/botol toko Tika hanya menjual sirup lebih banyak menjadi 2000 botol. dari kasus tersebut buatlah fungsi penawarannya!
Jawab :
Dari soal diatas diperoleh data sebagai berikut :
P1 = 15.000 Q1 = 1000 buah
P2 = 20.000 Q2 = 2000 buah
Kita masukan data-data diatas kedalam rumus:
P – P1 Q – Q1
——– = ———
P2 – P1 Q2 – Q1
P – 15.000 Q – 1000
————– = ————-
20.000 – 15.000 2000 – 1000
P – 15.000 Q – 1000
————– = ————-
5000 1000
(P – 15.000)(1000) = (Q – 1000) (5.000)
1000P – 15.000.000 = 5.000Q – 5.000.000
-15.000.000 + 5.000.000 + 1000P = 5.000Q
-10.000.000 + 1000P = 5.000Q
Q = 1/5.000 (-10.000.000 + 1000P )
Penentuan Harga Keseimbangan
Pengertian harga keseimbangan adalah harga yang terbentuk dari titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran. Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan merupakan hasil kesepakatan antara si konsumen dan produsen di mana kuantitas yang diminta dan yang ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan tersebut bertahan lama dan dapat menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga.
Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang/jasa yang dinyatakan uang. Oleh karena itu, harga merupakan nilai tukar obyektif atas barang/jasa dan nilai tukar obyektif itu sendiri adalah harga pasar atau harga keseimbangan. Harga pasar tidak terbentuk secara otomatis akan tetapi melalui suatu proses mekanisme pasar yakni tarik menarik antara kekuatan pembeli dengan permintaannya dan kekuatan penjual dengan penawarannya.
Sumber : http://rieskyharris.blogspot.com/2011/05/penentuan-harga-permintaan-penawaran.html
http://gabriellabcde.blogspot.com/2013/03/penentuan-harga-permintaan-dan-penawaran.html
http://gabriellabcde.blogspot.com/2013/03/penentuan-harga-permintaan-dan-penawaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar